Eoviz Lite aplikasi untuk membuat jadwal shift kerja dan cara mengoptimalkannya untuk meningkatkan kinerja karyawan dan memaksimalkan operasional perusahaan setiap hari.

Banyak perusahaan menerapkan jam kerja yang seragam untuk karyawannya. Namun meski tidak dipraktikkan di semua industri, Anda mungkin menemukan pekerjaan di perusahaan yang memilih menerapkan shift kerja.

Apa itu shift kerja?

Pengertian shift kerja mengacu pada jadwal kerja yang dibagi secara bergantian atau bergilir selama waktu 24 jam. Artinya, sementara beberapa karyawan mungkin bekerja di siang hari, yang lain mungkin bekerja shift malam atau pagi hari. .

Sistem penjadwalan shift kerja memungkinkan karyawan bergerak melalui siklus kerja shift siang, shift malam, dan shift shift apa pun yang mungkin diperlukan.

Bekerja dengan sistem shift menawarkan fleksibilitas yang lebih besar daripada shift normal pukul 9 pagi hingga 5 sore. Shift kerja pun memberi karyawan kesempatan untuk meluangkan waktu bersama keluarga atau membuat berbagai janji di siang hari.

Shift kerja juga bagus untuk para pekerja yang ingin menghindari kemacetan di jam sibuk. Namun pengaturan shift kerja berbeda-beda tergantung pada kebutuhan masing-masing perusahaan.

Terlepas dari bagaimanapun pengaturannya, perusahaan perlu mempertimbangkan kesehatan karyawan serta keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka.

Terlebih bagi perusahaan yang menerapkan shift malam, mereka harus lebih ekstra memperhatikan kesehatan para karyawannya. Sebab bekerja pada malam hari secara terus-menerus memiliki risiko masalah kesehatan lebih tinggi dibandingkan jam kerja biasa. Ancaman kesehatan dan keselamatan pun lebih banyak terjadi pada karyawan shift malam.

Bekerja shift malam membuat karyawan memiliki jadwal tidur yang terbalik. Di mana mereka menggunakan malam untuk kerja dan siang hari untuk tidur. Ini bisa membuat waktu untuk bersosialisasi dengan keluarga berkurang dan menimbulkan masalah sosial.

Rolling shift atau rotasi shift

Pekerja yang terlibat dalam sistem kerja shift bisa mengalami dua penjadwalan, yakni tetap dan berputar (rolling).

Untuk jadwal tetap sistemnya tidak berubah, jadi karyawan akan selalu bekerja pada jam-jam tersebut kecuali ia sengaja dipindahkan ke shift yang berbeda. Sehingga satu kelompok karyawan akan bekerja shift siang, satu kelompok akan bekerja shift malam, dan satu kelompok akan bekerja shift malam.

Kebalikan dengan jadwal tetap, pekerja yang terlibat dalam sistem kerja berputar atau shift kerja rolling, maka rotasi kerjanya akan berubah-ubah. Waktu kerjanya bisa meliputi pagi, sore, dan malam hari, sesuai dengan sistem kerja shift rotasi yang ditentukan.

Sistem shift kerja rolling ada yang memiliki rotasi bersifat lambat dan ada yang bersifat cepat, tergantung kebutuhan perusahaan. Dalam sistem kerja shift yang memiliki rotasi bersifat lambat, pertukaran shift karyawan busa berlangsung setiap bulan atau setiap minggu.

Misalnya seminggu kerja pagi, seminggu kerja sore, dan seminggu kerja malam. Sedangkan dalam sistem kerja shift yang memiliki rotasi cepat, pertukaran shift bisa terjadi dalam hitungan hari, seperti setiap satu, dua atau tiga hari.

Untuk mengatur kerja shift rolling, Anda dapat mengelolanya tiap tim. Contohnya pada minggu pertama, tim A mengerjakan shift pagi (jam 8 pagi sampai jam 4 sore) sedangkan tim B mengerjakan shift malam (jam 4 sore sampai jam 12 malam).

Minggu berikutnya tinggal dilakukan rotasi, jadi tim B mengerjakan shift pagi sementara tim A mengerjakan shift malam. Minggu berikutnya, tim A kembali pada shift pagi sementara tim B pada shift malam. Begiulah gambaran untuk mengatur jadwal kerja shift rolling.

Penggunaan Aplikasi untuk Membuat Jadwal Shift Kerja

Membuat jadwal kerja shift rolling tentunya membutuhkan ketelitian dan waktu ekstra. Agar jadwal tidak berantakan dan menghemat waktu pembuatannya, menggunakan aplikasi pembuat jadwal shift kerja bisa jadi solusi.

Aplikasi pembuat jadwal shift kerja menawarkan kepraktisan dan keakuratan, sehingga bekerja lebih baik ketimbang sistem penjadwalan manual. Contohnya seperti Eoviz Lite yang memiliki pengaturan rolling shift karyawan per minggu dengan cara kerja otomatis.

Tak hanya mengotomatisasikan jadwal rolling shift karyawan, Eoviz Lite memberikan kemudahan dalam pengaturan jam kerja dan shift, tukar shift antar tim, perubahan shift satu tim secara langsung oleh supervisor, serta pengajuan izin dan cuti secara praktis.

Tukar shift juga dapat dilakukan langsung oleh karyawan lewat aplikasi ini. Sehingga Eoviz lite bisa membantu memudahkan Ana memantau dan mengelola jadwal kerja karyawan secara fleksibel dan otomatis!

WeCreativez WhatsApp Support
Eoviz Lite Aplikasi atau Software untuk Membuat Jadwal Kerja Shift Karyawan sekaligus Absensi Online dan Pengajuan Izin atau Cuti.
Hallo, Ada yang bisa kami bantu? :)