Mau tingkatkan kedisiplinan PNS atau Pegawai Negeri Sipil di lingkungan instansi Anda? Yuk simak rekomendasi strategi kedisiplinan ASN atau Aparatur Sipil Negara yang bisa Anda terapkan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sudah menegaskan jika pihaknya tengah berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur sipil negara ASN atau PNS. Keseriusan Kementerian PANRB ini sendiri dibuktikan dengan dibuatnya UU No. 5/2014 sebagai dasar hukum manajemen sumber daya ASN kedepannya.

Untuk mendukung rencana besar Kementerian PANRB ini tentunya perlu diterapkan strategi taktis agar disiplin Pegawai Negeri Sipil atau ASN baik di pusat dan daerah bisa meningkat. Untuk itu, berikut ini kami rekomendasikan strategi yang bisa Anda terapkan pada instansi Anda:

1. Sosialisasikan Kembali Kewajiban ASN

Semua pegawai baik di instansi swasta pun instansi pemerintahan seperti ASN harus mentaati peraturan yang sudah dituliskan sehingga kedisiplinan PNS menjadi prioritas utama dalam bekerja. Anda sebagai pengelola sumber daya baiknya melakukan sosialisasi kembali apa saja tanggung jawab atau kewajiban yang harus dijalankan oleh seorang ASN. Buka sesi diskusi, agar tidak ada ASN yang sengaja atau tidak sengaja melakukan pelanggaran peraturan.

2. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Untuk mendukung produktivitas kerja, sebaiknya Anda memperhatikan lingkungan kerja di kantor. Minta saran kepada ASN, mengenai fasilitas apa saja yang perlu diperbaiki atau ditambah. Dengan adanya perbaikan fasilitas akan menambah kenyaman tempat kerja. Hal ini tentunya akan menjadi faktor pendukung kedisiplinan PNS dan semakin produktif.

3. Beri Hukuman dan Penghargaan yang Seimbang

Setelah Anda mensosialisasikan aturan, tentu Anda juga akan menyebut hukuman apa saja yang akan diterima oleh ASN ketika mereka melanggar peraturan. Bersikaplah tegas dan adil, terapkan hukuman yang sesuai. Namun jangan lupa juga memberikan apresiasi kepada ASN yang menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Dalam hal ini Anda bisa melihatnya dari sasaran kerja pegawai (SKP) yang indikatornya sudah disusun sebelumnya.

4. Dengarkan Ide dan Pendapat ASN

Buka ruang diplomasi dan diskusi selebar-lebarnya, dorong ASN untuk menyuarakan pendapatnya mengenai sebuah situasi. Anda juga bisa menggelar forum diskusi mingguan untuk melatih keaktifan ASN. Dengan mendengarkan aspirasi, ASN akan merasa lebih dihargai dan memacu mereka untuk terus bekerja lebih baik dari waktu ke waktu.

5. Beri Pelatihan Khusus Kepada ASN

Jika empat tahap di atas sudah Anda terapkan dengan baik, jangan lupa untuk memberikan pelatihan soft skill atau hard skill kepada para ASN. Pelatihan yang sesuai dengan jabatan mereka akan mendukung produktivitas kerja. Karena peningkatan skill yang telah didapatkan pasca pelatihan.

6. Gunakan Absensi Online Pegawai

Absensi online ASN akan memudahkan Anda untuk memonitoring kedisiplinan PNS melalui data kehadiran pegawai. Dengan fitur waktu cek in-cek out yang tepat waktu, Anda akan mendapatkan data akurat dari absensi online pegawai. Sehingga perhitungan tunjangan penghasilan pegawai (TPP) dengan mudah.

Dari enam strategi yang ada, penggunaan absensi online ASN menjadi aspek dasar yang harus Anda perhatikan. Mengingat ketepatan kehadiran kerja ASN menjadi indikator paling mudah dari Anda untuk menilai kedisiplinan PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Maka dari ke enam strategi diatas mana yang belum instansi Anda lakukan? Jika salah satunya adalah penggunaan aplikasi absensi online berbasis mobile ini, maka segeranya untuk gunakan Eoviz Lite sekarang juga.

Eoviz Lite menyediakan solusi absensi online ASN berbasis mobile yang mendukung manajemen kehadiran ASN. Tingkatkan Performa Layanan dan Kedisiplinan Pegawai ASN dengan Eoviz Lite. Aplikasi absensi online yang mendukung Anda dalam meningkatkan kedisiplinan ASN dengan akurasi perhitungan kehadiran yang cermat dan tepat.

Keuntungan Menggunakan Eoviz

  1. Cek in-cek out jam kerja terpantau
  2. Perhitungan TPP lebih akurat
  3. Akses data kehadiran real time
  4. Absen melalui gadget masing-masing
  5. Atur shift kerja ASN selama pandemi lebih mudah
  6. Cegah penularan virus berbahaya
  7. Biaya maitenance lebih murah
  8. Dapatkan harga khusus dari kami untuk implementasi Eoviz Lite untuk ASN sekarang!

Jika Anda ingin berinvestasi pada Eoviz Lite, jangan sungkan untuk mempelajari fitur Eoviz Lite. Dan segera menghubungi kami segera untuk mendapatkan informasi selengkapnya melalui kontak dibawah ini.

WeCreativez WhatsApp Support
Eoviz Lite Aplikasi atau Software untuk Membuat Jadwal Kerja Shift Karyawan sekaligus Absensi Online dan Pengajuan Izin atau Cuti.
Hallo, Ada yang bisa kami bantu? :)