Gunakan aplikasi jadwal karyawan untuk membantu karyawan lapangan seperti perusahaan konstruksi untuk membantu memaksimalkan kinerja  Perusahaan konstruksi tidak hanya harus berurusan dengan tenaga kerja yang berpindah-pindah, tetapi mereka harus terus-menerus menyesuaikan diri dengan karyawan baru di lokasi baru, dan seringkali di banyak lokasi sekaligus.

Mereka juga harus menangani tugas sehari-hari untuk membuat jadwal kerja untuk memenuhi kebutuhan setiap proyek di setiap lokasi ini, dan kemudian melacak jam kerja, izin libur atau cuti yang diambil dan lembur yang dicatat untuk setiap karyawan.

Tak berhenti sampai di situ, perusahaan konstruksi juga harus mengelola berbagai tingkat dan kelompok karyawan mana yang membutuhkan jenis keterampilan, pelatihan, dan sertifikasi untuk melakukan banyak tugas yang dilakukan di lokasi.

Terakhir, keamanan dan keselamatan juga menjadi prioritas, karena perusahaan harus memastikan karyawan yang tepat dan skill sesuai untuk memiliki akses ke lokasi kerja.

Terkait dengan absensi dan jadwal kerja karyawan, ini bukanlah situasi yang sederhana untuk ditangani oleh supervisor konstruksi mana pun, terutama jika mereka masih menggunakan cara tradisional dan melakukannya dengan manual.

Namun kini sudah banyak sekali aplikasi di pasaran yang menawarkan solusi absensi dan jadwal kerja hanya menggunakan smartphone. Teknologi ini sangat cocok untuk perusahaan yang tidak dimungkinkan untuk memasang mesin absensi di tempat kerja, seperti perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi.

Contohnya, seperti perusahaan konstruksi Adhi Karya yang tahun lalu membangun jalan tol di Lampung, yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) dan Terbanggi Besar (Lampung Tengah).

Aplikasi absensi mobile tentu akan sangat membantu, sebab tempat proyek jalan tol memiliki jarak yang cukup jauh dengan kantor induk di Bandar Lampung dan mereka tidak mungkin menempel mesin absen di setiap lokasi pekerjaan.

Dengan aplikasi jadwal kerja karyawan sekaligus absensi online yang memiliki fitur Global Positioning System (GPS) atau mampu melacak lokasi, karyawan jadi tidak perlu datang ke kantor induk terlebih dahulu untuk melakukan absen. Sehingga akan mengurangi kinerja dan waktu karyawan yang seharusnya bisa langsung pergi ke lokasi proyek.

Berikut beberapa pertimbangan mengapa aplikasi jadwal kerja karyawan dan absensi online cocok digunakan perusahaan konstruksi:

Pertama, perusahaan konstruksi tidak perlu lagi harus mendirikan kantor sementara di lokasi kerja dengan sistem pencatatan jam kerja manual. Cara ini sering mengakibatkan pelaporan waktu yang tidak akurat, kesalahan administratif, dan peningkatan biaya tenaga kerja.

Sebaliknya, aplikasi jadwal kerja karyawan dapat digunakan untuk menyediakan berbagai solusi dan mudah digunakan bagi perusahaan konstruksi yang ingin mempersingkat proses administratif bagi karyawan.

Aplikasi ini pun menjadi solusi praktis yang membantu mereka mengelola, mengumpulkan, dan memproses waktu karyawan konstruksi dengan lebih baik.

Kedua, data absensi yang sudah terintegrasi dengan sistem payroll sehingga setiap karyawan dapat diberi tingkat gaji tertentu dan jam kerja normal melalui sistem, yang kemudian akan diterapkan pada jam kerja spesifik mereka untuk tujuan penggajian.

Ketika karyawan masuk dan keluar dari pekerjaan, sistem akan secara otomatis melacak dan melaporkan informasi tersebut sehingga menghasilkan data yang akurat dan bebas dari kesalahan untuk penggajian.

Ketiga, fleksibilitas untuk masuk dan keluar dari pekerjaan menjadi mudah bagi karyawan juga. Tidak peduli apakah mereka bekerja dari kantor, di tempat kerja, atau di jalan, karyawan dapat masuk dan keluar dari pekerjaan melalui aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone di mana memiliki fitur GPS.

Keempat, pengawas konstruksi dapat mengakses gambaran umum dari seluruh tenaga kerja mereka, dikelompokkan berdasarkan lokasi kerja dan keahlian sehingga mereka dapat membuat jadwal kerja yang dibutuhkan lokasi kerja mereka.
Ini mengurangi kebingungan yang terkait dengan pembuatan jadwal yang seringkali dapat mengakibatkan proyek melebihi anggaran atau kekurangan staf.

Kelima, dengan sistem pengajuan izin atau libur yang dapat dilakukan di mana saja lewat smartphone, supervisor dapat secara akurat memperkirakan di mana mereka mungkin kekurangan tenaga kerja di masa depan, sehingga tidak menunda proyek atau menyebabkan pekerjaan tertinggal. Semua ini tidak hanya membuat lokasi kerja lebih efisien, tetapi juga membuat administrasi jadwal lebih efisien.

Dengan demikian, perusahaan konstruksi membutuhkan otomatisasi, kesederhanaan, dan alat digital yang mengurangi waktu yang mereka habiskan untuk tugas administratif seperti penjadwalan, penggajian, yang memungkinkan mereka untuk fokus pada inisiatif strategi tenaga kerja yang lebih besar di lokasi proyek.

Eoviz Lite mampu menghilangkan komponen kesalahan manusia dalam menjalankan tugas-tugas ini dan memasukkan data absensi secara otomatis. Sebagai aplikasi jadwal kerja karyawan sekaligus absensi online, Eoviz Lite juga dapat mengatur jadwal jam kerja yang mampu diintegrasikan dengan sistem penggajian.

WeCreativez WhatsApp Support
Eoviz Lite Aplikasi atau Software untuk Membuat Jadwal Kerja Shift Karyawan sekaligus Absensi Online dan Pengajuan Izin atau Cuti.
Hallo, Ada yang bisa kami bantu? :)