Cara mudah software untuk membuat jadwal kerja shift serta memaksimalkan jadwal karyawan yang bebas konflik dengan Eoviz Lite. Yuk cari tahu infor selengkapnya di sini.

Menemukan keseimbangan jadwal karyawan yang tepat dapat menjadi tantangan. Manajer mungkin menghabiskan waktu berhari-hari penuh untuk mengembangkan, mengedit, dan menerbitkan jadwal karyawan. Ini bukanlah cara yang paling efisien atau efektif. Terlebih jika karyawan menginginkan bertukar shift kerja dan harus lembur.

Jika tidak ditangani dengan benar, mengelola shift karyawan dapat menimbulkan masalah. Kesalahan penjadwalan bisa mengakibatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit pekerja, penempatan pekerja yang tidak memiliki keahlian yang sesuai hingga keluhan karyawan.

Untungnya, kini Anda dapat merencanakan jadwal karyawan menggunakan sistem aplikasi pembuat jadwal shift kerja. Ini adalah solusi yang baik karena manajer tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencocokan karyawan dengan shift.

Di sisi lain, dapat mengecilkan risiko jadwal yang berantakan jika karyawan tiba-tiba tidak hadir pada hari kerja reguler mereka serta kesalahpahaman antar karyawan. Agar terhindar dari konflik dan kebingungan, simak dulu tips memaksimalkan jadwal shift untuk bisnis Anda.

1. Buat Kebijakan tukar shift

Kebijakan tentang prosedur tukar shift akan membantu meminimalisasi kesalahpahaman di antara karyawan. Misalnya, mengenai aturan tentang kapan jadwal akan dishare dan batas waktu maksimal karyawan harus mengajukan tukar shift. Jika perlu, buat aturan tertulis agar karyawan selalu ingat.

Agar tak keluar jalur, perlu secara jelas aturan menyatakan bahwa shift kerja tidak dapat ditukar antar karyawan sendiri, karena harus ada persetujuan manajer langsung.

Dengan sistem dalam aplikasi pembuat jadwal shift kerja, karyawan dapat meminta tukar shift tertentu secara praktis, tetapi jam tersebut tidak akan ditambahkan ke profil mereka tanpa persetujuan atasan.

2. Cocokkan skill dan karyawan

Manajer harus memberikan persetujuan akhir mengenai pengajuan pertukaran shift, ini untuk memastikan karyawan memiliki skill yang sama dengan karyawan yang sebelumnya dijadwalkan di shift tersebut. Jika tidak, perpaduan keterampilan akan memengaruhi produktivitas karyawan lain yang bekerja pada hari yang sama.

3. Gunakan aplikasi pembuat jadwal shift kerja

Menangani pertukaran shift menjadi lebih mudah ketika Anda memiliki sistem waktu dan kehadiran otomatis. Ia akan membantu menghemat waktu maupun beban administrasi antara karyawan yang mengajukan shift dan manajer yang menyetujui atau menolak permintaan tersebut.

Sehingga karyawan tidak perlu menelepon atau mengirim email kepada Anda dan menanti-nanti tanggapan. Sistem otomatis pada jsoftware adwal kerja shift atau aplikasi pembuat jadwal shift kerja akan mengirimkan notifikasi kepada manajer, segera setelah karyawan menekan opsi “kirim”.

Selain itu, karena mudah diakses lewat smartphone, karyawan dapat mengirimkan pengajuan dari mana saja, baik dari jarak jauh maupun di kantor, jadwal dapat diperbarui dan dikirim ke semua karyawan setelah manajer menyetujui atau menolak permintaan.

4. Hindari shift yang tumpang tindih

Manajer adalah yang bertanggung jawab untuk mengawasi shift yang tumpang tindih. Manajer harus memperhatikan setiap detail untuk mengelola tukar shift secara efektif. Inilah alasan mengapa karyawan tidak dapat menangani pertukaran shift tanpa persetujuan manajer.

Memakai software penjadwalan, konflik semacam itu bisa diatasi dan mengingatkan manajer akan situasi sebelum kekacauan dan kebingungan berlanjut.

5. Buat shift yang cocok untuk semua karyawan

Karyawan dan manajer perlu menjadi mitra dalam memastikan semua shift tercakup secara memadai. Dengan begini, manajer memiliki lebih sedikit tekanan untuk menemukan seseorang yang dapat mengisi shift ketika karyawan dibebaskan mengajukan tukar shift.

Mengganti karyawan dengan keterampilan yang sama membantu manajer mencegah kekosongan. Karyawan pun memiliki kebebasan untuk membantu mengatur jadwal mereka, yang dapat meningkatkan semangat kerja. Selain itu, kebebasan tukar shift dapat mengurangi tingkat stres karyawan.

Dengan demikian, aplikasi pembuat jadwal shift kerja yang fleksibel diperlukan dalam memudahkan perusahaan untuk mengatur jadwal secara otomatis. Eoviz Lite menawarkan fitur pengajuan tukar shift yang dilakukan secara online.

Notifikasi akan langsung masuk ke teman yang diajak untuk bertukar shift dan dapat langsung melakukan persetujuan dengan manajer. Mari jajal Eoviz Lite mulai sekarang!

 

WeCreativez WhatsApp Support
Eoviz Lite Aplikasi atau Software untuk Membuat Jadwal Kerja Shift Karyawan sekaligus Absensi Online dan Pengajuan Izin atau Cuti.
Hallo, Ada yang bisa kami bantu? :)