Bagi perusahaan, memiliki catatan kehadiran karyawan atau absensi merupakan hal penting untuk mengukur kedisiplinan dan kinerja karyawan. Untuk memudahkan pencatatan, kini hadir yang namanya aplikasi absen online. Ada berbagai alasan mengapa aplikasi absen online bekerja lebih baik ketimbang sistem manual. Hal utama tentunya adalah kepraktisan dan keakuratan, di mana aplikasi absen online dapat mencatat kehadiran karyawan secara real-time yang memudahkan HR dalam mendapatkan rekapitulasi data.

Ada banyak aplikasi absen online, namun tak banyak yang menyediakan banyak keunggulan. Maka sebelum memutuskan memakai aplikasi absen online mana yang paling efektif, perlu diperhatikan fitur apa saja yang ditawarkan. Agar dapat diandalkan oleh perusahaan, pastikan aplikasi absen online yang Anda pilih memiliki fitur penting seperti di bawah ini:

1. Bisa dilakukan di mana dan kapan saja

Tentunya ini adalah yang syarat utama dalam memilih aplikasi absen online, di mana karyawan dimudahkan untuk melakukan absensi kapan dan dimana saja sesuai keperluannya. Lewat aplikasi absen online yang dapat diakses melalui smartphone, baik pekerja yang ada di dalam maupun di luar kantor, bisa melakukan absensi tepat waktu. Jadi, sepanjang smartphone pekerja terhubung dengan internet, maka dia tidak perlu repot harus melakukan absensi di kantor.

2. Kemampuan cek lokasi karyawan

Beberapa perusahaan mungkin tidak mewajibkan karyawan untuk hadir di kantor pada hari kerja, bisa karena penugasan atau situasi Work From Home (WFH) seperti saat ini. Inilah keuntungannya memiliki aplikasi absen online yang terhubung dengan GPS sehingga memiliki kemampuan cek lokasi atau geo-tagging. Lewat fitur ini, lokasi karyawan akan terekam otomatis saat melakukan absensi online. Sehingga akan menekan “kecurangan” karyawan yang tidak patuh untuk melakukan absen di lokasi yang sudah disepakati. Pun saat ditugaskan ke luar kota, fitur ini bertugas sebagai konfirmasi keberadaan karyawan di tempat tersebut.

3. Terintegrasi dengan sistem payroll

Dengan adanya aplikasi absen online, kantor lebih mudah menghitung gaji karyawan dengan mengambil data-data absensi yang valid. Sebab sistem akan memasukkan data-data berupa ketidakhadiran, keterlambatan, cuti dan faktor lainnya yang akan memengaruhi besar-kecilnya upah secara otomatis. Pastikan aplikasi absen online yang dipilih sudah terintegrasi dengan sistem payroll seperti ini agar gaji karyawan dapat dilakukan secara cepat dan otomatis.

4. Employee Self-Service

Aplikasi absen online dengan fitur employee self-service akan lebih menghemat waktu dan meminimalisir kerja administrasi yang tidak diperlukan. Sehingga setiap karyawan dapat melakukan input data sendiri, mulai dari absensi, pengajuan izin, cuti dan lainnya secara online dan real-time lewat smartphone. Dengan begitu, tidak diperlukan lagi permohonan cuti dan izin melalui form kertas atau mengirim email ke atasan atau departemen terkait. Karyawan pun tak perlu bolak-balik mengonfirmasi apakah pengajuannya sudah disetujui atau belum, karena akan mendapat jawaban saat itu juga. Pada dasarnya, aplikasi absensi online dibuat untuk memudahkan kerja perusahaan dan karyawan.

Agar optimal, setidaknya fitur-fitur di atas ada dalam aplikasi absen online yang Anda pilih. Eoviz Lite memungkinkan Anda untuk mendapatkan semua fitur di atas. Eoviz lite menjadi solusi untuk monitoring kehadiran dan pengelolaan kepegawaian. Tak hanya pengelolaan kehadiran karyawan, Eoviz Lite memberikan kemudahan dalam pengaturan jam kerja dan shift, tukar shift antar tim, perubahan shift satu tim secara langsung oleh supervisor, serta pengajuan izin dan cuti secara praktis. Tunggu apalagi, gunakan Eoviz Lite dengan berbagai fiturnya yang memudahkan kerja perusahaan mulai sekarang!

WeCreativez WhatsApp Support
Eoviz Lite Aplikasi atau Software untuk Membuat Jadwal Kerja Shift Karyawan sekaligus Absensi Online dan Pengajuan Izin atau Cuti.
Hallo, Ada yang bisa kami bantu? :)